Mengurus Visa UK (Tier 4 General Student) Sendiri, Why Not?!

Sudah semacam nadzar pribadi kalau saya sukses mendapatkan visa uk maka saya akan menulis tentang cara mengurus visa ini step by step di blog agar setidaknya membuat teman-teman yang sedang kebingungan atau masih ragu bisa mendapatkan lebih banyak referensi dan konfirmasi untuk tiap prosesnya. Dan, alhamdulillah, kemarin malam paspor beserta UK entry clearancenya sudah sampai dengan aman di tangan saudari se PK saya.Thank you so much Nike (kiss).

Sebenarnya ada banyak sekali blog yang sudah membantu saya dalam melalui perjalanan yang sumpah amat sangat bikin jantung mau copot ini, nanti diakhir catatan akan saya beri link-link blog berfaedah tersebut. Insya Allah jadi amal ya kaka, adek, mas, mba semua (amin). Mari kita mulai.

Mengurus visa sendiri sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan tapi memang kita harus luar biasa teliti agar tidak terjadi kesalahan sesedikit apapun, karena bisa saja aplikasi kita ditolak semisal kita lupa melampirkan dokumen penting. Namun yang agak sedikit ‘tricky” adalah di website http://www.gov.uk tidak dengan jelas menyebutkan lampiran apa saja yang semestinya dimasukkan sehingga referensi-referensi dari pengalaman senior-senior jadi jalan yang paling aman untuk dilalui. Bagi yang benar-benar tidak berani ambil resiko, ataupun sangat meragukan ketelitiannya sendiri bisa saja meminta bantuan konsultan pendidikan untuk pengurusan visa ini. Di Indonesia, ada banyak konsultan dan agen pendidikan yang bisa membantu. Mulai dari yang gratis sejak pendaftaran kuliah sampai yang berbayar pun tersedia. Menurut info yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, berikut merupakan beberapa konsultan dan agen pendidikan yang bisa membantu pengurusan visa.

  1. IDP (gratis, baik daftar kampus hingga pengurusan visa main applicant maupun dependant)
  2. Sun Education (beberapa cabang gratis, beberapa meminta deposit yang akan dikembalikan apabila jadi mengambil kampus yang mereka daftarkan)
  3. IBEC (daftar kampus gratis, pengurusan visa secara menyeluruh bayar sekitar 800rb/applicant per 2017, namun untuk membantu pengecekan saja gratis)
  4. dan mungkin ada beberapa agen lain lagi.

Saya sendiri memutuskan untuk mengurus visa sendiri bukan karena saya super teliti, bahkan pada dasarnya saya adalah seseorang yang luar biasa ceroboh. Alasan utama apalagi kalau bukan biaya. Memang banyak agen yang menggratiskan pengurusan, namun semua agen hanya dapat membantu pengurusan visa applicant yang tujuan universitasnya ada dalam list universitas yang bekerja sama dengan mereka. Sedangkan universitas tujuan saya yakni University of Edinburgh hanya bekerja sama dengan IBEC. Seperti yang saya tulis IBEC tidak menggratiskan pengurusan visa. Alasan lain tentunya sedikit banyak saya ingin dan harus belajar mandiri.

Nah kira- kira apa saja sih dokumen-dokumen dan step by step yang mesti dipersiapkan dan dilakukan untuk mengurus visa sendiri dengan sukses?

STEP 1

PERSIAPAN DOKUMEN

  1. PRINT Appointment Confirmation Barcode
  2. Formulir aplikasi visa
  3. Hasil Medical Check up
    1. Sertifikat TBC
    2. Diagnosa dokter
  4. Paspor
    1. Paspor baru
    2. Paspor lama
  5. CAS
  6. Ijazah dan terjemahan
  7. Transkrip dan terjemahan
  8. Sertifikat IELTS
  9. Akta Lahir dan terjemahan
  10. KK (Kartu Keluarga) dan terjemahan
  11. LoG (letter of Guarantee)
  12. Buku nikah dan terjemahan (bagi yang sudah menikah, membawa pasangan ataupun tidak)

Seluruh dokumen tersebut harus di fotokopi dengan kertas berukuran A4 dan letakkan dalam folder terpisah antara yang asli dan fotokopi.

Step 2

Proses Aplikasi Visa

Untuk apply visa kita harus mengisi formulir dan mendaftar secara online. Mengurus visa untuk studi hanya bisa dilakukan maksimal 3 bulan sebelum intake kuliah. Seperti saya misalnya, intake saya adalah 11 september 2017 maka saya bisa men-submit dokumen dan mendapatkan appointment visa paling cepat pada tanggal 11 Juni 2017. Tapi kita bisa membuat akun terlebih dahulu di website pendaftaran dan mencicil setiap pertanyaan dari jauh-jauh hari sambil mengumpulkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Caranya adalah dengan mengunjungi website https://www.visa4uk.fco.gov.uk

Kemudian kita bisa membuat akun terlebih dahulu dengan mendaftarkan email dan membuat password sama seperti membuat akun pada umumnya. Setelah memiliki akun bacalah setiap keterangan di halaman home.  Apabila proses tersebut selesai kita bisa mulai membuat aplikasi dengan meng-klik ‘Apply for Yourself’ jika ingin mendaftarkan aplikasi pribadi dan pilih ‘Apply for Someone Else’ apabila ingin mendaftarkan orang lain. Setelah itu klik ‘Continue’. Oh iya jangan lupa kalau akun kita idle dalam beberapa menit maka kita akan ter-log out secara otomatis dan harus log-in ulang lagi.

Kita kemudian akan diarahkan ke halaman baru dimana kita harus mengisi detail pribadi seperti ini

Applicant Details

Given Name(s)/Forename(s)

Family Name/Surname

Email

Primary Contact Number

Secondary Contact Number

Passport Number

Date of Birth

Date of Intended Travel

Location

— Please Select —

Jangan lupa mengisinya harus dalam bahasa inggris, simple tapi kadang ada aja yang lupa. Kemudian pilih tipe visa yang diinginkan dengan cara menjawab pertanyaan berikut.

Select Visa Type

Please select the correct visa category. When you select the visa category you want, we will ask you a series of questions to ensure you are applying for the correct visa.

Reason for Visit

— Select a Reason —
Visit
Study
Work
Settlement
Transit
Other
Exempt
*

Visa Type

— Select a Visa Type —
PBS Tier 4 Student
Study (non Points-Based System)
*

Visa Sub Type

— Select a Visa Sub Type —
Tier 4 (Child)(Sponsored) Student
Tier 4 (General) Dependant Child
Tier 4 (General) Dependant Partner
Tier 4 (General) Student
Tier 4 (General)(Sponsored) Student
Tier 4 (Chevening, Marshall and Commonwealth Scholars Only) Student
Tier 4 (Child) Student
*

untuk reason for visit sesuaikan dengan kebutuhan (saya memilih study)

Visa type saya pilih PBS Tier 4 sedangkan Visa Sub Type adalah Tier 4 General Student.

Kemudian klik “create application”, setelah ini kita akan dibawa ke halaman baru yang berisi informasi dan status aplikasi kita. Selanjutnya pilihlah ” Go to Application”.

Ada beberapa bar informasi yang harus kita lengkapi berupa tabel dengan pertanyaan-pertanyaan.  Ada 6 tab utama yang wajib dilengkapi seperti berikut:

  1. Pasport and Travel Information
  2. Personal Details and Travel History
  3. Family Details
  4. Medical Treatment
  5. Ter 4 Student
  6. Additional Information

Apabila informasi belum lengkap tab-tab tersebut akan berwarna hitam dan berubah hijau apabila telah dilengkapi. Isian-isian jawaban setiap tab sebenarnya standar saja namun memang ada beberapa pertanyaan yang agak sedikit membingungkan. Seperti di bagian Passport and Travel information pertanyaan umum yang membingungkan adalah

Do you currently hold, or have you ever held, any other nationality or nationalities? (saya jawab ‘no’)

detail paspor

a. Place of issue (saya tulis Banjarmasin)

b. Issuing Authority (Saya tulis Banjarmasin, karena tidak terdapat nama otoritas dan umumnya pada paspor baru memang tidak terdapat lagi nama otoritas yang menerbitkan paspor)

Travel Information

Are you travelling with anyone? – ‘no’ , (karena saya berangkat sendiri dan anak beserta suami tinggal T_T)

Date of Planned arrival in the UK ? – Tulis tanggal berapa saja kira-kira kita ingin tiba di UK meskipun nanti berangkatnya tidak persis di tanggal tersebut tidak apa-apa. NAmun perhatikan pula bahwa tanggal keberangkatan tidak boleh lebih dari 30 hari sebelum intake atau tanggal mulai belajar di LoA.

How long do you intend to stay in the UK? – sesuaikan dengan LoA saja, saya jawab 1 year.

What is the main address and contact detail of where you will be staying whilst in the UK? – Saya tulis alamat akomodasi yang telah saya tandatangani walaupun bagian ini sempat membuat saya tidur tidak nyenyak karena saya lupa melampirkan kontrak akomodasi huehehe. Tapi bagi yang belum tahu akan tinggal dimana silakan tulis lengkap nama dan alamat kampus sesuai yang tertera di CAS.

Personal Details and Travel History

Pada bagian ini akan ditanyakan,

What is your permanent residential address and contact details? isi sesuai kenyataan

How long have you lived at this address? isi sesuai kenyataan

Are your preferred contact details different from the contact details already provided above? isi sesuai keinginan (saya tulis alamat kantor karena paling convinient untuk berkirim surat maupun paket)

Have you been issued any visa for the UK, UK Overseas Territories or Commonwealth Country in the last 10 years? isi sesuai keadaan (saya jawab ‘no’)

Have you ever travelled to the UK in the last 10 years? isi sesuai keadaan

Have you made an application to the Home Office to remain in the UK in the last 10 years? isi sesuai keadaan

Have you been refused entry to the UK in the last 10 years
(for example at a UK airport or seaport)? isi sesuai keadaan tapi umumnya akan menjawab ‘no’.

Have you been refused a visa for any country including the UK in the last 10 years?  isi sesuai keadaan tapi umumnya akan menjawab ‘no’.

Have you been deported, removed or otherwise required to leave any country including the UK in the last 10 years? isi sesuai keadaan tapi umumnya akan menjawab ‘no’.

Have you ever voluntarily elected to depart the UK? isi sesuai keadaan tapi umumnya akan menjawab ‘no’.

Are you, or have you been subject to, an exclusion order from the UK? isi sesuai keadaan tapi umumnya akan menjawab ‘no’.

Have you ever travelled outside your country of residence, excluding the UK, in the last 10 years? isi sesuai keadaan dan lengkapi detailnya dari yang terbaru hingga yang terlama sesuai dengan visa dan cap imigrasi di paspor.

Have you ever been issued with a UK National Insurance Number? E.g. QQ 123456A isi sesuai keadaan

Have you been arrested and charged with any offence in any country and are awaiting, or are currently on trial? isi sesuai keadaan tapi umumnya akan menjawab ‘no’.

Have you ever been involved in, supported or encouraged terrorist activities in any country? Have you ever been a member of, or given support to, an organisation that has been connected with terrorism? isi sesuai keadaan tapi umumnya akan menjawab ‘no’.

Have you ever, by any means or medium, expressed views that justify or glorify terrorist violence, or that may encourage others to commit acts of terrorism or other serious criminal acts? isi sesuai keadaan tapi umumnya akan menjawab ‘no’.

In times of either peace or war have you ever been involved in, or suspected of involvement in, war crimes, crimes against humanity or genocide? isi sesuai keadaan tapi umumnya akan menjawab ‘no’.

Have you engaged in any other activities that might indicate that you may not be admitted to the UK? isi sesuai keadaan tapi umumnya akan menjawab ‘no’.

If we need to interview you, what language would you like to use in the interview?

English

Have you received any other penalty in relation to a criminal offence; for example a caution, reprimand, warning, or similar penalties in the UK or any other country? isi sesuai keadaan tapi umumnya akan menjawab ‘no’.

Have you had any UK court judgement against you for non-payment of a debt, or received a civil penalty under UK Immigration Acts? isi sesuai keadaan tapi umumnya akan menjawab ‘no’.

Family Details

Di bagian family details ini silakan isi sesuai dengan keadaan. Hanya saja bagi saya bagian ini sempat cukup membuat bingung karena situasinya saya wanita menikah dengan 1 anak tapi akan berangkat sendiri sedangkan di referensi-referensi blog semua adalah para single atau kalau tidak family yang membawa serta keluarga mereka. Daripada itu disini saya akan membagi informasi lebih kepada orang-orang yang mehadapi situasi yang sama seperti saya.

Spouse/partner

What is your marital status? saya jawab ‘married’

Will your spouse/partner be travelling with you? saya jawab no

Current Passport or Travel Document Number saya isi dengan angka ‘0’ karena kolom ini wajib, seterusnya di additional information saya sampaikan bahwa suami tidak ikut bersama saya dan yang bersangkutan tidak memiliki paspor. Selebihnya isi sesuai keadaan dan dokumen saja.

pertanyaan tentang informasi Orang tua (isi sesuai kenyataan)

Dependent Children

Do you have any dependent children? saya jawab ‘no’ meskipun saya memiliki anak namun anak saya tidak ikut bersama saya ke UK.

Non-dependent Children

Are any other children travelling with you? saya jawab ‘no’

-Medical Treatment-

Have you ever received medical treatment in the UK? isi sesuai keadaan umumnya menjawab ‘no

-Tier 4 Student-

Untuk bagian ini harus terisi sesuai CAS sodara-sodara, bear in mind CAS tiap kampus itu beda-beda, ada yang dalam bentuk pdf ada juga yang di berikan dihalaman akun mahasiswa di website kampus. Untuk cari aman saya screenshot detail di website, salin ke word baru saya print.

Sponsor

Give your Tier 4 Sponsor’s licence number  di CAS saya tertulis ‘Sponsor Licence Number’ di CAS kampus lain bisa saja cuma Sponsor no, etc. Namun no ini biasanya kombinasi huruf dan angka seperti 23CYGN5K3

What is the name of your sponsor? saya tulis University of Edinburgh

What is the full address of your sponsor? isi sesuai CAS

Studies

What is your Confirmation of Acceptance for Studies Number? isi no CAS

What is the title of your course? isi sesuai CAS

What is the level of the course and qualification? di CAS UoE disebut Academic Level of Programme  (SCQF level 11)

Start Date of course isi sesuai CAS

End Date of course isi sesuai CAS

Have you already started studying this course? ‘no’

What is the address of the main site of study? saya tulis nama dan alamat school saya, tapi banyak juga yang menulis kampus utama. either way bisa.

Confirm which of the following options apply saya jawab ‘studying’

Please indicate how you meet the minimum English language requirement relevant to your course saya pilih ‘Your sponsor is a Higher Education Institution (HEI), and has made its own assessment of your English language ability’  dengan ini artinya saya tidak perlu melampirkan IELTS baik yang akademik maupun UKVI IELTS tapi karena saya punya jadi tetap saya lampirkan.

Maintenance and Fee

How much are the fees for your course of study? isi sesuai tuition fee di CAS

Have any of your course fees been paid? isi sesuai keadaan, saya jawab ‘no’ karena memang saat saya tanyakan ke uni, mereka tidak meminta fee apapun sebelum matrikulasi. (baek ya UoE) hehe

Have any of your accommodation fees been paid to your sponsor? isi sesuai keadaan saya jawab no karena saya tinggal di private flat.

Do you receive support from a financial sponsor that meets the UK Visa and Immigration definition of a financial sponsor? saya jawab ‘yes’ karena saya kuliah dengan beasiswa LPDP

Do you have any remaining fees and maintenance still due for payment? saya jawab ‘no’

Do you have money in your own name? saya jawab ‘yes’ karena untu awardee LPDP akan ada uang atas nama sendiri yakni Living Allowance, Book Allowance, dan Settlement Allowance.

-Points Claimed-

Confirmation of Acceptance for Studies isi 30

Maintenance isi 10

Total  40

Poin-poin ini maknanya aplikasi kita sudah memenuhi syarat untuk dipertimbangkan dan seharusnya diluluskan meskipun tidak ada jaminan untuk itu.

Kemudian terakhir di bagian additional information kita bisa menambahkan informasi apapun yang sekiranya bisa menjadi bahan pertimbangan proses aplikasi visa kita semisal alasan kenapa pernah ditolak visanya, atau seperti saya kenapa menulis angka 0 di bagian no paspor suami.

Setelah semua selesai diisi, lengkap, serta indikator warna di tab sudah menjadi hijau, berikutnya klik ‘Confirm Application’. Akan terlihat summary dari data-data yang telah kita isi, baca dengan teliti dan apabila ada yang salah bisa klik ‘Return to Application’. Apabila telah yakin maka silakan klik ‘Submit Application‘. Setelah selesai maka  akan keluar pop up ‘Sign Declaration’ baca sampai bawah (kalau rajin otherwise Scroll down aja hehe), nanti akan ada mandatory information akan disuruh mengisi Signature ( isi dengan nama lengkap saja) serta Date Signed (isi tgl submit aplikasi) kemudian ‘Signing Declaration’ deh. Setelah bagian tersebut selesai silakan kembali ke home Visa Application dan masuk ke halaman Biometric Residence Permit Collection. Bisa kita isi dengan kode pengambilan terdekat dengan tempat tinggal kita atau collecting location di kampus. Biasanya kalau di luar kampus adalah Post Office. Sebenarnya di CAS saya disarankan mengambil di kampus, namun karena saya berencana datang sedikit lebih awal saya pilih kantor pos saja. Karena menurut teman-teman senior kampus akan melayani pengambilan BRP pada saat induction week atau matrikulasi sedangkan kita butuh BRP untuk segala urusan termasuk membuka rekening. Dan perlu diingat BRP harus diambil dalam waktu 10 hari setelah tiba di UK. Kemudian klik ‘Confirm’.

Selanjutnya silakan kembali ke halaman Visa Application dan klik Book Appointment untuk mencari tanggal yang paling pas untuk datang ke VFS Global. Kita bisa memilih lokasi appointment seperti Jakarta, Surabaya, maupun Bali dan pilih visa appointment type ‘PBS Tier 4 Student’ selanjutnya klik ‘next‘ setelahnya kita bisa memilih tanggal dan waktu yang tersedia untuk penyerahan berkas, BRP, dan wawancara (bisa wawancara bisa juga tidak, banyak yang bilang kalau jadwal appointment kesiangan bisa jadi tidak wawancara). Oh iya, untuk book appointment ini bisa saja jam dan tanggal terlihat penuh semua apa lagi kalau Peak Time, tapi bisa saja beberapa jam berikutnya kosong lagi tanggalnya. ini dikarenakan terkadang yang tadinya book gagal di pembayaran atau memang belum melakukan pembayaran visa dan asuransi sehingga tanggal yang dia book kembali dibuka. Waktu yang diberikan untuk membayar tagihan adalah 3 jam saja, lewat daripada itu book appointment hangus dan mesti re-book lagi. Setelah selesai memilih tanggal klik ‘next’ kemudian akan kembali ke halaman home dan silakan klik ‘Pay for IHS’. Kita akan diarahkan ke halaman yang tulisannya Pay toward your healthcare lalu klik continue Isi semua detail dan jawab semua pertanyaan. Disini juga akan muncul pertanyaan yang menurut saya agak random, tapi sepertinya mereka mencoba mengkonfirmasi lagi info yang telah kita berikan di formulir tapi dengan pertanyaan yang sedikit berbeda. Setelah selesai klik save and continue masuk kehalaman selanjutnya klik these details are correct. Setelah itu masuk ke halaman Declaration dan klik I agree. Selanjutnya klik Pay now dan kita akan melihat detail pembayaran IHS. Baca dan cek apakah sudah terisi dengan benar selanjutnya klik Make payment. 

Oh iya untuk pembayaran kita bisa menggunakan kartu kredit atau pun kartu debit yang berlogo visa atau mastercard. Namun khusu kartu debit agar bisa dipergunakan untuk pembayaran online, kita harus mengaktifkan VBV atau Verivied by Visa. Dan untuk ini kita harus mendatangi bank untuk meminta aktifasi kode tersebut.

Pada saat saya melakukan pembayaran IHS per Juni 2017 kemaren untuk asuransi saya selama berkuliah 1 tahun di UK, saya harus membayar sebesar 301.50 USD. Untuk yang mengambil PhD silakan kalikan berapa tahun anda akan tinggal di UK. Currency yang digunakan adalah US dollar bukan Poundsterling.

Setelah melakukan pembayaran IHS, saatnya kita melakukan pembayaran visa application. Ada yang bertanya pada saya apakah memungkinkan melakukan pembayaran IHS dan visa di hari yang berbeda. Mungkin dan boleh-boleh saja tetapi seperti yang saya bahas sebelumnya setelah lebih dari 3 jam aplikasi visa tidak dilunasi maka kita harus re-book jadwal appointment baru. Proses pembayaran visa sama seperti pembayaran IHS dan pada saat pembayaran biaya yang ditagihkan adalah 449 USD.

Pada saat pembayaran visa inipun saya sempat panik karena saya melewatkan 5 menit waktu yang diberikan untuk memasukkan OTP sehingga payment saya semestinya harus dicancel. Akhirnya saya cancel dan berniat mengulang proses pembayaran visa lagi, namun yang mengherankan adalah pembayaran malah sukses dan saya medapatkan email konfirmasi appointment yang tidak mungkin di dapatkan kalau belum bayar. Saya coba tanya sana sini mostly bilang itu gagal mesti dibayar lagi. Masalahnya uang sudah terdebet dari KK. Akhirnya saya diamkan saja karena saya percaya pembayaran telah lunas. Alhamdulilah memang tidak terjadi apa-apa dan visa saya di approved.

STEP 3

MENGHADIRI VISA APPOINTMENT

Langsung saja meluncur ke VFS Global di Kuningan City Mall Jakarta sesuai dengan tanggal yang telah dipilih. Kita baru boleh masuk ke dalam kantor mereka 5 menit sebelum appointment, jadi semisal saya memilih appointment jam 11.30 saya baru boleh masuk jam 11.25. Tetapi banyak kursi yang disediakan didepan sambil menunggu. Oh iya satu lagi yang agak membingungkan saya adalah karena VFS ada 2, di lantai 1 dan 2. VFS yang mengurus appointment UK ada di lantai 2 (which is for me itu lantai 4 karena Kuncy menggunakan istilah UG, GF untuk lantai pertama dan kedua, baru setelahnya lantai 1 dan 2…hfffff). Untuk pakaian yang penting rapi, bebas, dan pantas saja.

apabila kira-kira waktu kita telah tiba silakan mendatangi sekuriti di depan kantor tersebut dan serahkan paspor beserta Appointment Confirmation yang ada barcodenya. Securiy kemudian akan memberikan kertas fotocopy untuk check list dokumen kita. Berhati-hatilah saat mengisi, dana apabila tidak yakin dengan pertanyaannya silakan minta bantu petugas pada saat penyerahan dokumen.

2.png

photo taken from kikyedward.com

Usahakan jangan membawa barang-barang yang tidak diperlukan agar tidak kerepotan saat melewati pemeriksaan tas dan x-ray. Setelah masuk kita bisa mendatangi petugas security berikutnya dan mengatakan akan mengurus visa UK. Kita perlu memberi tahu sekuriti karena di VFS tersebut tidak hanya melayani orang-orang yang ingin ke UK, tapi juga NZ, dan Aussie. Setelahnya kita akan mendapat no antrian sesuai keperluan kita. Kemudian sebelum masuk ruangan utama akan ada seseorang yang meminta semua fotocopy dokumen kita dan memberikan kertas separator berwarna untuk dokumen. Disini mereka hanya membantu menandai dokumen yang kita bawa tapi tidak akan ada yang memberi tahu apakah dokumen kita sudah lengkap atau belum, Jadi teliti dan berhati-hati lah sebelumnya.

Setelah selesai silakan masuk dan tunggu didepan pengurusan berkas UK. terdapat sekitar 8 atau 9 booths pelayanan sehingga proses ini cukup cepat menurut saya. Dengarkan dan perhatikan baik-baik agar no antrian kita tidak terlewat saat disebutkan. Serahkan semua dokumen yang telah diberi separator tadi (saya cukup shock di bagian ini karena saya tidak paham kenapa dokumen asli saya tidak dilirik sama sekali, tidak ditanyakan bahkan, ternyata memang sejak 2017 mereka hanya menerima dokumen fotocopi dan hanya paspor yang diserahkan asli). Namun ada baiknya tetap bawa semua dokumen siapa tahu diperlukan. Di bagian penyerahan berkas ini pula kita akan ditanya apakah ingin melakukan pengurusan visa reguler atau prioritas. Apabila ingin mengambil jalur cepat maka bisa memilih prioritas dengan menambah bayar sekitar 3.3 juta rupiah. Proses dengan prioritas memakan sekitar 3-5 hari saja. Namun tidak menutup kemungkinan lebih lama juga karena dari pengalaman teman ada yang walaupun prioritas visanya baru selesai 28 hari kemudian. Dikarenakan saya tidak terlalu terburu-buru maka saya pilih reguler tapa tambahan biaya apapun lagi. Untuk jalur ini normalnya dijanjikan akan selesai sekitar 15 hari kerja. Tetapi apabila kita mendaftar di bulan-bulan penuh seperti juli, agustus , september bisa saja akan jadi lebih lama. Untuk visa saya sendiri selesai dalam waktu 11 hari kerja. Setelah ini kita juga akan ditanya apakah akan mengambil paspor sendiri atau diwakilkan. Apabila ingin diwakilkan seperti saya maka kita akan diberi surat kuasa yang nantinya harus dibawa oleh wakil kita dengan juga melampirkan copy KTP dia dan kita. Pada saat saya mengurus visa ini pilihan pengiriman dokumen ditiadakan.

Setelah selesai kita akan diberi tanda terima dan berkas kita dimasukkan ke dalam sebuah map berwarna hitam. Kemudian kita akan kembali menunggu no antrian kita dipanggil untuk BRP. Pada tahap ini kita akan masuk ke sebuah ruangan kecil untuk memberikan sidik jari dan foto biometrik. Dokumen dalam map tadi harus diserahkan disini.

Setelah selesai dan apabila diminta kita akan melakukan interview melalui video conference di ruangan lain. Tidak lama dan tidak banyak yang ditanyakan. Hanya hal-hal umum berkenaan rencana kita bersekolah di UK.  Setelah tahap ini beres maka silakan melenggang kangkung dan pulang kembali ke rumah masing-masing.

Step 4

Menanti Hasil Aplikasi

Silakan ber-gugup gugup ria menanti email yang nantinya akan memberitahukan proses dokumen kita. Apabila proses telah selesai kita akan menerima email yang memberitakuhan bahwa paspor sudah bisa diambil kembali di VFS. Sampai pada tahap ini kita tidak akan tahu apakah visa kita sukses atau ditolak. Hati akan kembali nano-nano karena lenyataan hanya akan terungkap jelas saat ketika membuka halaman paspor. Apabila ada stiker entry clearance yang menempel di paspor artinya aplikasi ktia sukses dan sebaliknya apabila kosong berarti di tolak dan kita harus melakukan aplikasi ulang.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada penulis-penulis blog-blog yang telah begeeitu banyak membantu saya dan mengurus visa UK secara mandiri ini. Semoga bisa jadi amal kalian yah dan semoga tulisan saya ini juga bermanfaaat bagi pembaca.

Berikut adalah link-link blog yang telah membantu saya

  1. https://kikyedward.com/2016/08/30/step-by-step-detail-membuat-visa-tier-4-student-uk-sendiri/
  2. https://saradhane.wordpress.com/2016/08/11/tragedi-visa-uk/
  3. http://teraspelangi.mor7.com/2016/05/06/pengalaman-aplikasi-uk-tier-4-general-student-visa-mei-2016-all-by-myself/
  4. https://shintamichiko.com/

Dan here is the prize for going through this super crazily hectic process

Congratulation, me! 😁

20170704_203305.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s